Address
304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124

Work Hours
Monday to Friday: 7AM - 7PM
Weekend: 10AM - 5PM

Research Center for Politics and Government

Departemen Politik dan Pemerintahan
FISIPOL UGM

Tentang PolGov

Berdiri sejak 2009, Research Centre for Politics and Government (PolGov) merupakan lembaga yang ada di bawah manajemen Departemen Politik dan Pemerintahan (DPP) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIPOL), Universitas Gadjah Mada (UGM). PolGov adalah lembaga yang berpengalaman dalam kerja riset, pengabdian masyarakat, dan advokasi isu politik dan pemerintahan.

Kajian Riset

Sejak 2016, PolGov membagi kegiatan riset, advokasi dan publikasi ke dalam lima topik. PolGov juga menempatkan lima topik itu sebagai kerangka teoritis untuk menentukan lokus kajian yang sesuai dengan perkembangan keilmuan dan realitas politik kontemporer di Indonesia.

Melalui topik ini PolGov mengkaji secara kritis capaian dan tantangan demokratisasi yang berlangsung di Indonesia. Seluruh riset dalam topik juga memiliki dimensi praktis, yakni mendukung kerangka besar gerakan demokrasi dengan memastikan demokratisasi berjalan menuju arah yang substantif untuk menyejahterakan seluruh rakyat tanpa terkecuali. Selain itu, PolGov mengembangkan metodologi yang berbeda dengan metodologi arus -utama dalam mengevaluasi dan mengukur demokratisasi.

Lihat lebih lanjut

PolGov juga memiliki ketertarikan pada topik kajian Politik Desentralisasi sejak kebijakan desentralisasi digulirkan pada akhir 1999. PolGov ikut mengawal proses desentralisasi di Indonesia baik pada level pemerintah pusat maupun pada level pemerintah daerah. Beberapa dari pengajar pada Departemen Politik dan Pemerintahan yang juga ikut mengembangkan PolGov terlibat langsung dalam penyusunan Undang-Undang No. 22 Tahun 199 tentang Otonomi Daerah.

Lihat lebih lanjut

Dalam kajian Tata Kelola Industri Ekstraktif, PolGov menempatkan sumber daya ekstraktif – minyak, gas, minerba – dan kehutanan harus dikelola secara bijak dengan mempertimbangkan aspek energy security (ketahanan energi), social welfare (kesejahteraan sosial), dan sustainability (keberlanjutan). Berpijak dari amanat Konstitusi UUD 1945 pasal 33, sumber daya ekstraktif merupakan barang publik yang bukan sekadar komoditas dalam rantai perdagangan nasional maupun global.

Lihat lebih lanjut

PolGov telah lama menaruh perhatian khusus para topik Tata Kelola Pemilu terutama pasca reformasi, mulai dari isu tata kelola demokrasi elektoral (pemilu), hingga kajian aspek politik yang bekerja di luar prosedur kepemiluan. Dalam topik ini, PolGov mengkaji pola relasi kuasa yang muncul di seputar perhelatan pemilu.

Lihat lebih lanjut

Dalam topik ini, PolGov berupaya untuk mengisi celah pengetahuan pada kajian pengembangan kawasan perbatasan di Indonesia. Selama ini, kajian lintas-batas di Indonesia belum mendapat perhatian yang luas, baik dari komunitas akademis maupun pembuat kebijakan. Kawasan perbatasan cenderung terbengkalai karena dianggap sebagai halaman belakang negara sehingga operasionalisasi terhadap tata kelola lintas batas belum menjadi prioritas. Padahal, perbatasan adalah entitas politik ruang yang menjadi garis peneguh dari kedaulatan sebuah negara-bangsa.

Lihat lebih lanjut

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Optio, neque qui velit. Magni dolorum quidem ipsam eligendi, totam, facilis laudantium cum accusamus ullam voluptatibus commodi numquam, error, est. Ea, consequatur.

Publikasi

Dalam rangka mendiseminasikan hasil kegiatan, visi dan misi yang dimiliki, PolGov memiliki unit publikasi yang terintegrasi dengan kegiatan penelitian, pembelajaran, pengabdian masyarakat dan advokasi di lingkungan Departemen Politik dan Pemerintahan. Unit ini secara profesional mengelola naskah dari karya-karya berkualitas unggul para civitas akademika, baik mahasiswa, dosen, maupun peneliti untuk diterbitkan menjadi buku, monograf maupun jurnal.

PolGov menerbitkan buku-buku yang membahas topik-topik mengenai politik dan pemerintahan dalam rangka diseminasi pengetahuan kepada masyarakat luas. Buku-buku yang diterbitkan PolGov telah melewati proses review dan editorial yang ketat.

Lihat lebih lanjut

Jurnal PCD merupakan jurnal internasional berbahasa Inggris yang menyajikan karya-karya penelitian berkualitas unggul para pakar dan ahli khusus bertema Power, Conflict, and Democracy (PCD) dalam konteks negara belahan selatan dunia.

Lihat lebih lanjut

Jurnal PolGov merupakan media penyebaran hasil-hasil penelitian dan karya ilmiah di bidang politik dan pemerintahan guna memfasilitas diskusi, interaksi dan pertukaran informasi di antara para ahli dan antara para ahli dan pengambil kebijakan.Jurnal ini terbuka bagi siapa pun yang memiliki minat dan keahlian dalam bidang politik dan pemerintahan.

Lihat lebih lanjut

Kolaborasi

PolGov membuka kesempatan kepada pihak manapun untuk bekerjasama demi mengembangkan ilmu pengetahuan yang akan berguna bagi masyarakat.

PolGov membuka kesempatan luas untuk kolaborasi dan Kerjasama dengan berbagai pihak baik dari sesama universitas, Lembaga riset, Lembaga swadaya masyarakat, pemerintah hingga masyarakat. Kegiatan Kerjasama yang dilakukan juga berbagai macam, tergantung pada kesepakatan yang dijalankan dengan mitra.

 

Lihat lebih lanjut.

Mahasiswa dapat mengajukan permohonan kerjasama dengan PolGov yang meliputi berbagai macam bentuk kerjasama, sesuai dengan kesepakatan yang antara PolGov dengan mahasiswa yang bersangkutan.

 

Lihat lebih lanjut.

Jika anda memiliki pertanyaan, 
silahkan hubungi kami!

Kegiatan