Apa itu PolGov?

Tentang Kami

Berdiri sejak 2009, Research Centre for Politics and Government (PolGov) merupakan lembaga yang ada di bawah manajemen Departemen Politik dan Pemerintahan (DPP) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIPOL), Universitas Gadjah Mada. PolGov adalah lembaga yang berpengalaman dalam kerja riset, pengabdian masyarakat, dan advokasi isu politik dan pemerintahan. Seiring berjalannya waktu, perubahan teknologi dan komunikasi yang terjadi sedemikian cepat berdampak pada perubahan relasi sosial, cara produksi dan konsumsi teknologi, serta munculnya nilai-nilai baru yang memungkinkan untuk mengolah sebuah aktivitas menjadi produk pengetahuan yang beraneka ragam. 

PolGov hadir menjawab tantangan tersebut dengan visinya yakni “Knowledge Entrepreneurship Center”. Melalui konsep itu, PolGov berupaya mengolaborasikan kerja ilmiah berbasis riset dengan kecanggihan teknologi sehingga mampu memproduksi pengetahuan dalam berbagai platform yang dapat diakses oleh siapa saja dengan latar belakang yang beragam. Produksi pengetahuan juga didukung oleh modal sosial yang besar dan beragam. Oleh karenanya, PolGov senantiasa bersinergi dengan lembaga pemerintah dan non pemerintah baik di tingkat lokal, regional, nasional, hingga internasional. PolGov berkomitmen bahwa seluruh produk pengetahuan yang dihasilkan mampu berkontribusi dalam memberdayakan masyarakat, menginspirasi komunitas, memajukan pengetahuan di bidang politik dan pemerintahan, meningkatkan kualitas kebijakan dan pelayanan publik oleh pemerintah.  

Nama “PolGov” dipilih dengan merujuk ringkasan “politics” dan “government” yang merupakan landasan keilmuan seluruh kegiatan perkuliahan, penelitian, dan pengabdian masyarakat di lingkungan DPP. Kehadiran PolGov juga menandai model pengelolaan riset, advokasi, dan publikasi dalam satu lembaga. Penggabungan ketiganya membuat PolGov bukan lagi terbatas sebagai lembaga penelitian, tetapi sebagai knowledge center yang mendiseminasi berbagai produk pengetahuan yang berbasis riset.

Visi dan Misi

Visi PolGov yakni “Knowledge Entrepreneurship Center.” Melalui visi itu, PolGov ingin menghadirkan riset, advokasi, diseminasi, serta publikasi yang responsif, kreatif, dan transformatif di bidang ilmu politik dan pemerintahan.

Nilai Organisasi

PolGov mendedikasikan seluruh hasil kerja penelitian dan pengabdian masyarakat untuk mendorong demokrasi yang menjunjung tinggi nilai kemanusiaan. “Humanizing politics” merupakan slogan yang senantiasa ditanamkan di setiap kegiatan riset, advokasi, dan publikasi sebagai bagian dari penerapan ilmu politik dan pemerintahan yang humanis. Selain itu, PolGov juga memegang teguh nilai-nilai dan menghargai inisiatif serta inovasi, kemampuan untuk memahami, kolaborasi dan adaptasi.

Humanizing Politics

Humanizing Politics merupakan “tagline” dari Departemen Politik dan Pemerintahan (DPP) Fisipol UGM yang melandasi setiap aktivitas PolGov. Sebagai pusat pengembangan ilmu politik dan pemerintahan di Indonesia, seluruh kegiatan pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat ditujukan demi mendorong bekerjanya nilai-nilai demokrasi yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.