Politik Uang di Indonesia: Patronase dan Klientelisme Pada Pemilu Legislatif 2014 

Politik Uang di Indonesia: Patronase dan Klientelisme Pada Pemilu Legislatif 2014

Topik: Tata Kelola Pemilu

Tahun: 2015

Penulis:

Penyunting: Edward Aspinall, Mada Sukmajati

Deskripsi: 

Kebanyakan studi elektoral di Indonesia hanya mendeskripsikan pola dan tren kinerja partai politik di tingkat nasional. Namun, buku ini mengulas kajian yang berbeda dengan fokus pada fenomena elektoral di akar rumput. Hampir semua caleg berkampanye dengan strategi patronase dan klientelisme.

Ringkasan: 

Kebanyakan studi di Indonesia hanya mendeskripsikan pola dan tren kinerja partai politik di tingkat nasional. Kajian ini berbeda karena fokus pada fenomena elektoral di tingkatan akar rumput. Buku ini menjelaskan bahwa patronase dan klientelisme menjadi strategi kampanye yang dipilih oleh  hampir semua caleg. Patronase di antaranya diwujudkan dalam bentuk pembelian suara (vote buying), pemberian barang kepada kelompok-kelompok tertentu (club good), penyediaan beragam pelayanan sosial, dan pemanfaatan dana publik untuk kepentingan elektoral (pork barrel politic). Selain itu, para caleg mengandalkan jaringan informal perantara (broker)- biasanya disebut sebagai ‘tim sukses’-untuk menjangkau pemilih. Secara umum, buku ini mengeksplorasi pola kampanye pemilu, bentuk relasi caleg dengan pemilih, bagaimana bentuk relasi itu diperlancar oleh patronase dan dibentuk oleh klientelisme, dan bagaimana para caleg menggunakan mekanisme, jaringan, dan teknik tertentu untuk meraih sebanyak-banyaknya suara pemilih. 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.