Tentang Kami

PolGov (Reseach Centre for Politics and Government) merupakan unit riset di bawah Departemen Politik dan Pemerintahan (JPP) Fisipol UGM. Berdiri pada tahun 2009, PolGov merupakan hasil penggabungan dari dua laboratorium yang telah lama dikelola secara terpisah oleh Jurusan Ilmu Pemerintahan/Politik dan Pemerintahan (JIP/JPP) Fisipol UGM dan Program S2 Politik Lokal dan Otonomi Daerah/Ilmu Politik (PLOD/Ilmu Politik) UGM. Penggabungan ini selain untuk mematuhi agenda reorganisasi kelembagaan di lingkungan UGM, juga untuk mengembangkan aktivitas riset, advokasi, dan publikasi mengenai isu-isu politik dan pemerintahan secara lebih baik.

 

Topik Kajian

Sejak 2016 seluruh aktivitas PolGov dibingkai dalam lima topik kajian yang seringkali beririsan. Meskipun demikian, pembagian topik riset penting untuk meletakkan fokus kajian pada masing-masing kegiatan. Dengan rumusan topik kajian yang baru ini, PolGov semakin intens dalam mengkaji berbagai isu aktual dengan tetap berpijak pada sudut pandang politik yang selama ini menjadi ruh di setiap aktivitas ilmiah. Kelima topik kajian PolGov adalah: 

Kekuasaan, Kesejahteraan, dan Demokrasi

Politik Desentralisasi

Tata Kelola Industri Ekstraktif

Tata Kelola Pemilu

Tata Kelola Perbatasan

  

Publikasi 

Katalog Buku PolGov Juni 2017PolGov mempublikasikan buku, monograf, dan jurnal internasional PCD untuk menyebarluaskan pengetahuan yang telah dihimpun melalui kegiatan-kegiatan akademik dan penelitian ilmiah. Anda dapat mengikuti publikasi riset, dan buku melalui situs web ini. Katalog buku terbaru penerbitan PolGov tersedia melalui tautan ini

Publikasi jurnal internasional tersedia melalui tautan ini.

 

 

Mitra Kerja

Dalam menjalankan aktivitas riset dan publikasi, PolGov mendapatkan dukungan dari lingkungan internal UGM maupun kerjasama dengan berbagai institusi pemerintah dan non pemerintah di luar lingkungan UGM, termasuk institusi pendidikan yang bekerja di ranah lokal, nasional, dan internasional. Kerjasama ini tidak semata-mata dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan tetapi juga sebagai bagian dari upaya advokasi kebijakan terhadap isu-isu yang strategis.

PolGov telah bekerja dengan banyak pihak di berbagai daerah dari seluruh Indonesia, yaitu dengan pemerintah nasional,  pemerintah daerah, dan institusi non pemerintah melalui berbagai kegiatan riset, advokasi, maupun publikasi.

Beberapa institusi pemerintah lokal yang pernah bekerjasama dengan kami a.l: Pemprov D.I. Yogyakarta dan seluruh pemerintah kabupaten/ kota di DIY, Pemkab Magelang, Pemkab Purworejo, Pemkab Grobogan, Pemkab Blitar, Pemkab Wonosobo, Pemkab Puncak Jaya, Pemkab Puncak, Pemkab Lombok Timur, Pemkab Flores Timur, Pemkot Tidore Kepulauan, Pemkab Boven Digoel, Pemkab Sorong Selatan, Pemkab Mentawai, Pemkab Buru, dll.

Sejumlah institusi pemerintah yang pernah bekerjasama dengan kami antara lain Kementrian Dalam Negeri, Bappenas, KPU Kabupaten Sleman, Kedutaan Besar Norwegia, dll.

Sementara itu beberapa institusi non pemerintah yang pernah bekerjasama dengan kami antara lain University of Oslo, Australian National University, Smeru Institute, Bank Dunia, UNDP, Kemitraan, DRSP USAID, Yayasan Tifa, IDEA Internasional, IRI, NUFU, ODI, Revenue Watch Institute, The Asia Foundation, The Australian Electoral Commission, Natural Resource Governance Institute, KSI, dll.

Anda dapat mengikuti kegiatan kemitraan kami melalui Laporan Tahunan DPP-UGM dan www.jpp.fisipol.ugm.ac.id

  

Humanizing Politics sebagai Slogan

Humanizing Politics merupakan “tagline” dari Departemen Politik dan Pemerintahan (DPP) Fisipol UGM yang melandasi setiap aktivitas PolGov. Sebagai pusat pengembangan ilmu politik dan pemerintahan di Indonesia, seluruh kegiatan pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat ditujukan demi mendorong bekerjanya nilai-nilai demokrasi yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

 

Manajemen Aktivitas

Untuk menjalankan misi tersebut, saat ini kinerja PolGov ditopang oleh keberadaan peneliti dan asisten peneliti yang bekerja secara tetap maupun ad hoc. Peneliti tetap adalah seluruh dosen tetap di Departemen Politik dan Pemerintahan FISIPOL UGM dan peneliti tetap PolGov (non dosen); sementara itu peneliti dan asisten peneliti yang bekerja secara ad hoc adalah mereka yang karena kapasitasnya dikontrak untuk mendukung aktivitas penelitian advokasi PolGov.

Dalam menentukan arah kebijakan dalam aktivitasnya, PolGov saat ini dipimpin oleh Kepala Research Centre for Politics and Government yang menjadi bagian tak terpisahkan dari Pengelola DPP. Sementara itu dalam aktivitas hariannya, Manajer PolGov bertugas mengelola aspek manajerial dan administrasi dengan dibantu oleh bagian keuangan departemen untuk urusan administrasi keuangan baik untuk kepentingan PolGov/ departemen maupun pertanggungjawaban kepada mitra kerja. Struktur organisasi dapat dilihat pada tabel berikut ini

Struktur Organisasi