Webinar

Pada Kamis, 23 Juli 2020 pukul 09.30 WIB Serial Diskusi Demokrasi Elektoral telah dilaksanakan dengan tajuk "Proses Kandidasi di Pilkada 2020: Ruang Gelap yang Penuh Misteri" bersama Djarot Saiful Hidayat (Ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi PDIP), Hasyim Asy'ari (Anggota KPU RI), dan Arya Budi (Dosen DPP FISIPOL UGM) dengan moderator Mada Sukmajati (Dosen DPP FISIPOL UGM)

Ungkapan "Ruang gelap yang penuh misteri" atau "kebun rahasia partai politik" seringkali menggambarkan proses pencalonan kandidat atau seleksi partai politik lantaran prosesnya yang bersifat sentralistis, dan cenderung tertutup.. Undang-Undang No.32 tahun 2004 yang kemudian diubah menjadi UU No. 12 tahun 2008 telah mengatur bahwa pencalonan dilakukan dengan mekanisme demokratis dan terbuka sesuai dengan ketentuan internal partai. Walau demikian, hingga kini tidak ada tolak ukur guna mengetahui sejauh mana partai politik menerapkan mekanisme yang demokratis dan terbuka dalam proses seleksi dan pencalonan. Adapun Komisi Pemilihan Umum (KPU) memiliki kewenangan yang terbatas untuk menjamin derajat demokrasi dalam proses tersebut.

Dalam tubuh partai politik, khususnya PDIP, menurut Djarot Saiful Hidayat proses seleksi hingga kandidasi setidaknya memiliki tiga tahapan yakni membangun konsolidasi ideologi, konsolidasi organisasi, konsolidasi kader, dan terakhir konsolidasi partai dengan masyarakat. Konsolidasi ideologi memuat tentang proses penyamaan ideologi antara kader dengan partai agar memiliki satu visi dan misi sehingga kandidat pemenang pemilu yang diusung oleh partai dapat mewujudkan program yang sesuai dengan garis ideologi partai sembari membawa perubahan bagi masyarakat. Sementara itu, konsolidasi organisasi berarti proses penyatuan kepentingan seluruh struktur partai agar bergerak untuk memenangkan kandidat yang diusung oleh partai. Lalu, konsolidasi kader bermakna adanya proses gotong-royong untuk pemenangan kandidat yang diusung partai. Terakhir, konsolidasi partai dengan masyarakat memiliki arti bahwa partai berkonsolidasi dengan masyarakat untuk menjaring aspirasi dan menyelesaikan persoalan-persoalan rakyat.

Diskusi selengkapnya dapat disimak dalam Youtube "Department of Politics and Government UGM" (DPP UGM)