Riset

Menampilkan 6 entri dari 6 hasil.  

Program Kalesang secara umum diarahkan untuk mendorong pemerintahan desa menghadirkan efektifitas tata kelola pemerintahan yang berbasis pada otonomi asli. Instrumen ini bertujuan menguatkan kapasitas pemerintahan desa dalam mengelola kewenangan berdasarkan pada prinsip subsidiarity.

Survei ini merupakan utilisasi political tracking sebagai instrumen pendidikan pemilih dan penguatan engagement antara politisi dan konstituen. Kegiatan ini bertujuan untuk peningkatan kapasitas political tracking bagi pemilih perempuan, marjinal, dan difabel yang sering diabaikan dalam proses politik.

Kartu Kontrol (KaTrol) ini adalah instrumen untuk membantu pemilih menentukan pilihan dalam pemilu di Indonesia. Alat ini dirancang untuk memandu pemilih dalam menakar calon pilihan mereka, serta memberikan pertimbangan apakah seorang calon layak dipilih atau tidak.

Panduan ini menyediakan sejumlah instrumen untuk menjadi warga negara yang aktif dalam menakar akuntabilitas sosial sebagai alat kontrol publik serta membangun trust dalam proses pemilu.

Kajian ini menjawab apakah tingginya partisipasi politik warga Sleman dalam Pemilu 2014 memang disebabkan oleh tingkat pengetahuan dan kesadaran politik masyarakat yang tinggi ataukah karena ada hal lain.

Studi ini menawarkan perspektif baru dalam mengkaji konsolidasi demokrasi Indonesia. Melalui penggabungan metode kuantitatif dan kualitatif kajian ini menghadirkan pengalaman demokrasi lokal di enam kabupaten sebagai basis analisis struktur relasi kekuasaan dalam mendistribusikan kesejahteraan dan mendorong partisipasi warga.