Diskusi dan Soft Launching Buku "Menegosiasi Ulang Indonesia"

  • 17-05-2020

Rabu, 13 Mei 2020, diskusi dan soft launching Buku "Menegosiasi Ulang Indonesia" digelar via live streaming bersama Abdul Gaffar Karim (Penulis Buku, Dosen Departemen Politik dan Pemerintahan UGM), Maria J.C. Schouten (Gurubesar Antropologi di Universidade da Beira Interior, Portugal) dan Valina Singka Subekti (Gurubesar Ilmu Politik di Universitas Indonesia).

Buku "Menegosiasi Ulang Indonesia" meneliti praktik politik lokal di Kota Manado dan Sumenep untuk melihat relasinya dengan politik nasional. Buku setebal 418 halaman ini membahas mengenai renegosiasi kontrak sosial yang terjadi pada masa awal reformasi dengan dua karakteristik yang berbeda. Renegosiasi yang terjadi di Kota Manado bersifat diskursif dengan pelibatan Gereja sebagai peletak dasar kontrak sosial. Sebaliknya, renegosiasi yang terjadi di Sumenep bersifat distruptif dengan terlibatnya kekuatan militer berlawanan dengan jejaring pesantren lokal.

"Buku tentang politik regional ini harus disambut dengan baik, terutama di masa ini, di tengah-tengah kecenderungan yang mengkhawatirkan dalam politik Indonesia, termasuk mundurnya demokrasi, meningkatnya populisme, dan merosotnya toleransi." -Prof. MJC Schouten-