Berebut Kontrol Atas Kesejahteraan, Buku Pembuka Politisasi Demokrasi Lokal

  • 07-12-2015

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Digelar santai di Kafe Hotel Summer, Senin (7/12/2015), buku Berebut Kontrol Atas Kesejahteraan pun dibedah tuntas.

Menghadirkan langsung Mariatul Asiah editor dan penulis buku itu yang juga dari LK3 Banjarmasin. Lalu Hasrul Hanif, Tim Inti Democracy Baseline survey PWD, juga. Andri Tendri Sompa akademisi fisip Unlam. Ketiganya hadir sebagai narasumber.

Dihadiri Pimred Banjarmasin Post Yusran Pare, buku setebal 402 halaman itu menyajikan tulisan mengenai kasus-kasus politisasi demokrasi di tingkat lokal.

Melibatkan Tim editor Caroline Paskarina, Mariatul Asiah, dan Otto Gusti Madung menjadikan isi pada buku lebih sistematis dan enak dibaca.

Dipandu Noorhalis Majid, dia mengatakan buku tersebut sangat menarik sebagai kumpulan dari kasus yang tersebar di banyak tempat di Indonesia yakni kasus politisasi demokrasi.

Hasrul Hanif, Tim Inti Democracy Baseline survey PWD mengatakan penyusunan dan penerbitan buku dari rangkaian kegiatan democracy baseline survey dalam kerangka riset power, welfare and democracy (PWD) , kerjasama UGM dan universitas Oslo yang didukung oleh kedutaan besar kerajaan Norwegia di Jakarta.

Survei dilakukan di 28 kabupaten/kota serta DKI jakarta dan DI Yogyakarta, dalam rentang waktu Februari-Agustus 2013. Data yang diperoleh melalui survei itu jadi basis pijakan para penulis untuk menemukan instrumen menarik dan penting untuk dikaji lebih lanjut.

[Publikasi awal di Tribunnews]