Merebut Kembali Demokrasi

Tahun
2016
Penulis
Willy Purna Samadhi
Penerbit
Departemen Politik dan Pemerintahan, UGM

Buku ini mengkaji demokratisasi dalam kerangka politik transformatif. Selain membahas baik dan buruknya demokrasi di Indonesia, buku ini mengupas berbagai masalah dan peluang yang dihadapi para aktor gerakan demokrasi. Buku ini menawarkan strategi alternatif untuk mengembangkan dan memajukan demokrasi di Indonesia. 

Demokratisasi tidak dapat dilihat sebagai sebuah proses yang sederhana, membentang di atas spektrum ekstrem otoritarian ke arah demokrasi. Ada banyak dimensi yang bekerja secara kompleks dan berpengaruh. Demokrasi dan demokratisasi merupakan "proses menjadi" yang dinamis, tak pernah berhenti, dan senantiasa membutuhkan campur tangan para aktor yang terlibat di dalamnya. Karena itu, penting untuk memahami bagaimana cara aktor gerakan demokrasi mengaktualisasikan kapasitas politik yang dimiliki untuk menghadapi berbagai permasalahan yang muncul di tengah proses pergeseran politik.


Kami menerbitkan sejumlah hasil riset dalam bentuk buku. Jika Anda membutuhkan pembelian buku secara daring, Anda dapat menghubungi kami melalui telepon +62 811 2515 863 atau surel penerbit.polgov@ugm.ac.id